Senin, 29 Juni 2009

Update Pidgin di Ubuntu




Tentunya sebagai pengguna linux juga tidak mau ketinggalan chatting dengan Yahoo Messenger dengan teman-teman atau relasi kerja, dilinux untuk chatting via Yahoo Messenger yang paling sering digunakan adalah Pigdin, terutama linux dengan desktop GUI Gnome seperti Ubuntu dan Debian.

Nah.. biasanya versi Pidgin yang ada tidak update dengan versi yang terbaru untuk versi ubuntu, atau memang saat ini sudah muncul versi yang lebih baru. Karena untuk pidgin termasuk program pihak ketiga yang mana memang tidak akan diupdate oleh pengembang distro linux tersebut jika memang distro linux tersebut tidak mengeluarkan versi terbaru dari distro linuxnya. Bagaimana untuk updatenya??

Sebelumnya saya sudah menjelaskan sedikit tentang bagaimana mengupdate program-program linux ubuntu disini. Nah sekarang akan saya beritahu cara mengupgrade pidgin di linux ubuntu yang ada sekarang.

Langkah-langkahnya :

1. Download packet pidgin yang baru dari sini : http://www.getdeb.net/app/Pidgin, download sesuai versi ubuntu yang digunakan.
2. Uninstall terlebih dahulu versi pidgin yang telah ada dilinux ubuntu. Caranya bisa dari synaptic, bisa juga dari command :

$ sudo apt-get remove pidgin

3. Baru install packet pidgin baru yang tadi sudah di download. Masuk ke folder dimana file tersebut berada dan ketikan :

$ sudo dpkg -i *.deb

4. Selesai, selamat menikmati pidgin versi terbaru untuk ubuntu (saat ini versi 2.5.8). Oh iya settingan pidgin yang lama juga tidak hilang loh.. Jadi tidak perlu memasukan account baru lagi.


Dony Ramansyah
site : http://dony-ramansyah.bravehost.com
blog : dony-ramansyah.blogspot.com
email : dony.ramansyah[at]gmail.com
Registered linux user : ID 400171

Tidak ada komentar: