Selasa, 12 Januari 2016

Perkembangan Layanan Cloud Computing Saat Ini


Saat ini kita sudah mengenal teknologi cloud computing atau biasa disebut dengan komputasi awan, dimana saat ini sudah banyak dipakai dan yang dipasarkan adalah yang private cloud dan public cloud.



Private cloud sendiri lebih ditujukan untuk perusahaan yang membutuhkan cloud computing yang sifatnya untuk internal perusahaan tersebut dan juga memiliki dedicated cloud sendiri sehingga performa dan security nya juga lebih baik dibandingkan dengan public cloud. Tentunya juga harga sewa nya lebih mahal dibandingkan dengan public cloud.

Sementara untuk Public Cloud, Biasa nya layanan cloud computing yang sifatnya general, dimana biasanya menggunakan share envorinment untuk server nya. Karena sifatnya yang share environment maka secara performansi dan security juga tidak sebaik layanan dari private cloud namun harga nya lebih murah daripada private cloud.



Namun di tahun 2016 ini kebutuhan tidak lagi hanya public dan private cloud saja, namun juga harus bisa mengakomodir keduanya, Untuk itu saat ini hadir layanan yang disebut dengan “Hybrid Cloud” dan pastinya tantangan penyedia cloud juga semakin kompleks. Pertumbuhan layanan cloud ini juga di predisksi oleh IDG Research Services akan tumbuh dari 38%-65% dari pasar yang ada.

Dari hasil penelitian saat ini telah dilakukan pengamatan terhadap tiga jenis layanan cloud publik :
- Software-as-a-Service (SaaS)
- Infrastruktur-as-a-Service (IaaS)
- dan platform-as-a-Service (PaaS)



Sementara 71% dari perusahaan telah saat ini menggunakan SaaS, sementara ada 17%
berencana untuk menggunakan SaaS dalam 18 bulan ke depan. ada 42% perusahaan telah dikerahkan IaaS, dan ada rencana 27% untuk menggunakan IaaS dalam 18 bulan ke depan. Sementara untuk PaaS tumbung paling cepat, dengan 19% dari perusahaan melaporkan menggunakannya untuk saat ini dan 38% dari perusahaan berencana menggunakan dalam 18 bulan ke depan.



Maanfaat dari layanan cloud computing ini sudah banyak dirasakan oleh perusahaan untuk pengembangan layanan IT nya, yang dikutip oleh 62% responden survei, adalah kemampuan berkembang untuk skala atas atau bawah untuk mengakomodasi bisnis dan kebutuhan IT. Dimana memungkinkan organisasi untuk hanya menggunakansumber daya yang mereka butuhkan pada waktu tertentu saja. Dan Menghilangkan kebutuhan untuk membangun infrastruktur untuk pengembangan IT diperusahaan nya.


Dony Ramansyah
site : http://donyramansyah.net
blog : dony-ramansyah.blogspot.com
email : dony.ramansyah[at]gmail.com
Registered linux user : ID 40017

Tidak ada komentar: