Minggu, 29 Maret 2009

Sekilas CCNA Exploration 1




Saya ingin sedikit sharing mengenai materi academy dari Cisco yang ada saat ini. Kalau dulu saya belajar academy dari cisco atau CNAP (Cisco Networking Academy Program) itu satu tahun, setiap sabtu atau minggu selama 1 tahun full. Dan yang dipelajari juga masih kurikulum CCNA1 sampai CCNA4, jadi ada 4 semester.

Kalau sekarang sudah diganti dengan CCNA Discovery dan CCNA Exploration. Nah disini saya ingin sedikit sharing mengenai materi CCNA Exploration 1. Dimulai dari CCNA Exploration 1 sampai Exploration 4. Setiap Exploration baik dari 1 sampai 4 terdiri dari beberapa chapter dimana setiap chapter ada ujian online nya masing-masing, dan nilainya juga mempengaruhi dari grade kita nantinya. Karena setelah kita lulus setiap satu exploration maka kita mendapatkan sertifikat kelulusan dari exploration tersebut.

Misal kita lulus untuk Exploration 1, maka kita mendapatkan 1 sertifikat kelulusan. Kalau 4 Exploration yang kita ambil dan kita lulus semua maka kita mendapatkan 4 sertifikat kelulusan. Yah.. walaupun hanya sertifikat kelulusan dan bukan sertifikasi CCNA nya, namun lumayan buat referensi untuk bekerja. Yang sangat mempengaruhi kelulusan setiap exploration adalah di ujian final nya, baik itu ujian skill examnya maupun final examnya, dan nilai jika ingin lulus adalah diatas nilai 75.

Jika dibandingan dengan materi CCNA dulu, di CCNA Exploration ini lebih detail membahas materinya. Bahkan sampai redistribute routing protocol pun sudah mulai dikenalkan.

Materi CCNA Exploration 1 ini berisi masih seputar teori saja, baru di chapter 11 atau terakhir kita belajar command dasar dari IOS Cisco. Sebelum itu di chapter-chapter sebelumnya kita lebih ditekankan terhadap pengertia dan konsep dari TCP/IP Model dan OSI Model. Tidak lupa subnetting untuk pembagian dari kelas-kelas IP yang ada. Dan ada juga pengenalan media dan jenis kabel di jaringan yang biasa dipakai.

Materi yang ada di CCNA Exploration ini saya lihat lebih padat, waktu belajarnya pun singkat. Jadi bari yang ingin mengambil atau sedang mengambil CCNA Exploration ini saya harapkan selama training fokus terhadap apa yang diajarkan. Karena sayang kalau sudah bayar mahal-mahal tapi ilmunya gak masuk :)


Dony Ramansyah
site : http://dony-ramansyah.bravehost.com
blog : dony-ramansyah.blogspot.com
email : dony.ramansyah[at]gmail.com
Registered linux user : ID 400171

Tidak ada komentar: