Selasa, 10 Maret 2009

Mengenal Cisco SONA Framework




Cisco SONA (Cisco Service-Oriented Network Architecture). Dimana Cisco mengklasifikasikan arsitektur dari service pada network. Akan sangat berguna bari para personil yang berkecimpung di dunia IT. Misalnya untuk mendevelopment arsitektur dan service framework pada network, web service dan juga virtualization.

Beberapa fungsi dari Cisco SONA :

- Menggambarkan bagaimana perusahaan untuk dapat berkembang ke arah Intelligent Informasi Network yang lebih cermat dan effisien.
- Menggambarkan cara untuk membangun sistem network terpadu yang smart.
- Meningkatkan fleksibilitas dan meningkatkan efisiensi.
- Mengoptimalkan aplikasi, proses, dan sumber daya yang ada


Cisco SONA memiliki 3 layer :

1. Networked Infrastructure Layer
Lapisan ini adalah di mana seluruh sumber daya TI yang saling berhubungan melalui sebuah jaringan. Sumber daya TI yang mencakup server, penyimpanan, dan klien. Infrastruktur jaringan termasuk kampus, cabang, data center, dan WAN MAN, dan teleworker. Tujuannya untuk pelanggan adalah agar memiliki konektivitas yang online dan anywhere dan anytime.

2. Interactive Services Layer
Lapisan ini memungkinkan efisien untuk alokasi sumber daya aplikasi dan proses bisnis yang disampaikan melalui jaringan infrastruktur. Ini Layanan ini terdiri dari lapisan :
— Voice and collaboration services
— Mobility services
— Security and identity services
— Storage services
— Computer services
— Application networking services
— Network infrastructure virtualization
— Services management
— Adaptive management services

3. Application Layer
Lapisan ini meliputi aplikasi bisnis dan kolaborasi aplikasi. Tujuannya untuk pelanggan di lapisan ini adalah untuk memenuhi kebutuhan bisnis sehingga dapat mencapai efisiensi yang maksimal.


Dengan menggunakan layanan berbasis jaringan dari Cisco SONA ke dalam perancangan dan pemeliharaan mereka arsitektur perusahaan, perusahaan akan mendapatkan keuntungan melalui:

- Peningkatan usaha menggunakan layanan jaringan untuk meningkatkan kinerja aplikasi, skalabilitas.
- Menciptakan model bisnis baru yang ada atau dengan meningkatkan pengembangan aplikasi baru menggunakan kemampuan layanan yang tersedia dalam jaringan.
- Mengurangi biaya pembangunan oleh menyederhanakan tugas-tugas development, mengurangi waktu untuk promosi, dan mempermudah layanan berbasis jaringan bisnis di beberapa aplikasi
- Membuat sebagian besar teknologi yang ada di deployment dengan penuh kelebihan dari investasi sebelumnya untuk standarisasi perusahaan.

Untuk pembahasan lebih dalam mengenai teknologi ini silahkan klik disini.

Dony Ramansyah
site : http://dony-ramansyah.bravehost.com
blog : dony-ramansyah.blogspot.com
email : dony.ramansyah[at]gmail.com
Registered linux user : ID 400171

Tidak ada komentar: