Rabu, 01 Mei 2013

Testing Radius Server dengan NTRadPing di Linux




NTRadPing adalah tools software yang berguna untuk melakukan pengujian server RADIUS Anda. Melalui NTRadPing Anda dapat mensimulasikan otentikasi dan akuntansi request dan mengirimkannya ke server RADIUS dimana NTRadPing bertindak sebagai klien NAS/Radius.

Sofware ini gratis dan sayangnya hanya berjalan di windows, namun untuk penggunakan linux ternyata saya coba bisa dijalankan dengan emulator wine.

Untuk mendownload nya bisa dari sini :

- http://www.mastersoft-group.com/download/
- http://www.novell.com/coolsolutions/tools/downloads/ntradping.zip

Setelah download file nya, di linux nya harus melakukan instalasi wine dulu jika belum ada, kalau di ubuntu bisa dengan cara ini :

$ sudo apt-get install wine

Setelah itu di extract file ntradping yang sudah didownload tadi dan jalankan file exe nya dengan wine dari nautilus.



Sebelum Anda mengirim permintaan ke server radius, Anda perlu mengkonfigurasi alamat IP server, kunci rahasia / key RADIUS dan disimpan dalam file klien server dan username.



Semua parameter lain yang ada disana adalah opsional.

Pada permintaan accounting request, "Acct-Session-Id" atribut juga ditambahkan secara otomatis jika Anda tidak secara eksplisit memasukkannya dalam daftar atribut request ke radius server.

Jika kita mengeluarkan accounting request ke radius server, maka RADIUS atribut "Acct-Status-Type" akan ditambahkan secara otomatis oleh NTRadPing tergantung pada jenis permintaan akuntansi yang telah dipilih (start, stop atau memperbarui).

Anda dapat menambahkan sebanyak RADIUS atribut yang Anda inginkan untuk request ke server radius. Daftar atribut yang tersedia dan nilai-nilai yang relevan dalam dua drop down box tergantung pada file RADDICT.DAT yang ada



Dengan mencentang opsi "CHAP", NTRadPing akan mengeluarkan permintaan otentikasi CHAP dengan sandi bukannya (PAP). Anda akan mendapatkan output tentang request dari RADIUS, ada juga dump lengkap dari semua atribut RADIUS kembali seperti gambar diatas.

Semoga bermanfaat juga untuk teman semua


Dony Ramansyah
site : http://donyramansyah.com
blog : dony-ramansyah.blogspot.com
email : dony.ramansyah[at]gmail.com
Registered linux user : ID 400171

Tidak ada komentar: