Senin, 04 Februari 2013

Tutorial Sederhana Editor Teks "vi" di Solaris




Dalam OS Solaris, file konfigurasi kebanyakan isinya berupa teks, shell script, atau terkadang kita perlu melakukan editing halaman web, bahkan C program. Dan hal itu kebanyakan dilakukan dalam mode text dan tidak ada GUI. Pengguna Solaris pastinya akan menggunakan program "vi" untuk melakukan editing file tersebut, hanya "vi teks editor yang memungkinkan Anda memasukkan dan memodifikasi teks dengan cepat. Dengan vi, Anda harus melakukan segala sesuatu dari menggeser kursor untuk mencari dan mengganti karakter.



Memahami mode di dalam "vi"
Mungkin yang paling perlu diketahui dari "vi" bahwa ini adalah editor dasar. Dimana ada dua mode yaitu :

Insert Mode : Jika Anda berada di modus insert, yaitu untuk menambahkan karakter atau kata, dan jika ketik sesuatu maka karakter tersebut akan ditambahkan ke dokumen pada titik kursor saat ini.

Command mode : Jika Anda berada dalam mode ini, perintah dengan menekan tombol "x" menyebabkan karakter itu di bawah kursor yang akan dihapus, dan tidak ditambahkan.

Memulai "vi"
Anda dapat memulai editor vi dari baris perintah dengan beberapa cara :

Ketik vi pada baris perintah di terminal console :
$ vi

Tentukan nama file yang ada untuk mengedit atau membuat file baru :
$ vi my.new.file

Anda juga dapat menentukan daftar nama file jika Anda mau. Anda dapat menyelesaikan mengedit file pertama, dan kemudian pindah ke yang kedua, dan seterusnya untuk memodifikasi batch file secara berurutan.

jalankan vi dengan menentukan nama yang ingin Anda buat atau edit :

$ vi ashley.travels.txt

Program vi tidak memiliki elemen antarmuka atau GUI, hanya apa pun yang Anda ketik di keyboard saja yang akan muncul, Tidak ada menu apapun.

Memasukkan teks atau karakter

Secara default, editor vi akan masuk kedalam mode command, Ketik tombol "x", dan Anda akan mendengar bunyi bip sebagai tanda dari editor "vi" yang memberitahu Anda bahwa tidak ada yang perlu dihapus.

Anda dapat pindah ke mode insert, tergantung di mana Anda ingin menyisipkan sebuah teks atau karakter.

Berikut adalah beberapa beberapa perintah dasar:

- Untuk memasukkan karakter tepat sebelum lokasi kursor saat ini (di mana blok kursor berkedip), tekan i.
- Untuk memasukkan karakter setelah lokasi kursor dan untuk memasukkan karakter tepat di atas baris saat ini dengan menciptakan baris kosong baru, gunakan O (o huruf besar).
- Untuk memasukkan ke baris kosong baru tepat di bawah baris saat ini, gunakan o (o huruf kecil).

Perhatikan bahwa sudut kanan bawah layar Anda yang menyatakan bahwa anda dalam INSERT MODE. Itulah mode yang memberikan petunjuk satu-satunya di "vi" untuk mode ama yang sedang aktif.

Untuk keluar dari mode insert dan kembali ke mode command, tekan tombol ajaib, "Esc". Tombol Esc tidak memiliki fungsi dalam modus perintah. Anda dapat tekan setiap kali Anda ingin berada di mode command.


Berpindah kursor
Karena vi tidak memiliki scroll bar dan tidak ada dukungan mouse, Pada Solaris, dalam "vi"  bisa menggunakan alternatif sendiri. Keempat tombol itu adalah "h, j, k, dan l" :

- h -> bergerak satu karakter ke kiri.
- j -> bergerak satu baris ke bawah.
- k -> bergerak satu baris ke atas.
- l -> bergerak satu karakter ke kanan.

Coba gunakan empat tombol tersebut untuk menggerakan kursor. Jika tidak bisa maka Anda masih dalam mode insert dan harus menekan tombol Esc.

Anda dapat juga memindahkan satu kata dengan tombol w atau b, tergantung pada apakah Anda ingin bergerak maju atau mundur untuk satu kata per satu kata.
Anda dapat melompat ke awal baris dengan tombol "0" (nol) dan ke akhir baris dengan tombol "$".

Untuk memindahkan halaman demi halaman, ketika file tersebut cukup besar untuk memiliki halaman teks, gunakan perintah berikut :

• ^ F untuk bergerak maju halaman
• ^ B untuk kembali halaman
• ^ D untuk bergerak ke bawah setengah halaman
• ^ U untuk bergerak ke atas setengah halaman

Ket : tanda "^" adalah tombol "ctrl"

Anda juga dapat melompat ke baris pertama dari text file dengan 0 dan G (nol diikuti oleh G) dan ke akhir file dengan G.

Gunakan tombol pindah kursor diatas ("h, j, k, dan l") untuk pindah ke huruf pertama dari karakter lain yang akan ditambahkan. Sekarang tekan tombol "x" beberapa kali. Setiap kali Anda menekan itu, Anda akan melihat karakter di bawah kursor dihapus dan kemudian geser kursor dari kiri untuk mengisi space yang sekarang ada.

Menyimpan file
Langkah terakhir adalah untuk menyimpan file baru atau yang sudah di edit tadi. Anda mulai berikut caranya :

- Tekan tombol "Esc"
- Ketik ":w" untuk menulis file dan tetap berada dalam editor vi.
- Ketik ":wq" untuk menulis file dan keluar dari vi.

Untuk keluar dari "vi" tanpa menyimpan perubahan yang telah Anda buat, tambahkan tanda "!" sampai akhir perintah, contohnya seperti ini:

":q!"

Selesai.

Semoga bermanfaat untuk saya dan teman semua.

Dony Ramansyah
site : http://donyramansyah.com
blog : dony-ramansyah.blogspot.com
email : dony.ramansyah[at]gmail.com
Registered linux user : ID 400171

Tidak ada komentar: