Selasa, 11 Desember 2012

Alternatif Web Editor Pada Ubuntu 12.10 dengan "BlueGriffon"



Ya..yaa, karena saat ini pada ubuntu 12.10 dimana web editor pilihan saya Kompozer sudah tidak ada di repo ubuntu 12.10 dan juga saya coba download manual sudah tidak compatible untuk di install lagi maka saya mencari altenatif web editor yang sudah support WYSIWYG dan saya ketemu program "BlueGriffon"

BlueGriffon adalah Web Editor berbasiskan WYSIWYG baru dengan konten editor untuk World Wide Web. Didukung oleh Gecko, Mesin rendering dari Firefox, dan ini adalah solusi modern dan mengedit halaman Web susuai dengan Standar Web terbaru.

BlueGriffon ini gratis untuk di download dan tersedia pada Windows, Mac OS X dan Linux. Silahkan di download disini : http://bluegriffon.org/pages/Download

Pada Ubuntu setelah di download tinggal dirubah saja permission file nya menjadi 755 :

$ chmod 755 BlueGriffon-1.5.2-Ubuntu11.10-x86_64-Install

Kemudian install :

$ ./BlueGriffon-1.5.2-Ubuntu11.10-x86_64-Install

Instalasinya pun mudah karena akan membuka GUI mode nya, dan tinggal next-nest saja.



BlueGriffon tersedia dalam bahasa Inggris, Belanda, Finlandia, Perancis, Ceko, Jerman, Ibrani, Hungaria, Italia, Jepang, Korea, Polandia, Cina Sederhana, Serbia, Slovenia, Spanyol, Swedia dan China Tradisional

BlueGriffon adalah sebuah aplikasi intuitif yang menyediakan penulisan Web (pemula atau intermediate) dengan User Interface yang sederhana sehingga memungkinkan untuk membuat situs web yang menarik tanpa memerlukan pengetahuan teknis yang luas tentang Standar pembuatan Web.



Karena Gecko yang mensupport BlueGriffon, Untuk mengedit akan terlihat persis sama di Firefox. Pengguna juga dapat selalu menggunakan View Source untuk melihat code web yang dibuatnya.

BlueGriffon berlisensi di bawah Public License, Mozilla 1.1 GNU General Public License Versi 2 dan GNU Lesser General Public License Versi 2.1.


Semoga bermanfaat juga untuk teman semua.

Dony Ramansyah
site : http://donyramansyah.com
blog : dony-ramansyah.blogspot.com
email : dony.ramansyah[at]gmail.com
Registered linux user : ID 400171

Tidak ada komentar: