Minggu, 17 Mei 2009

Bersih-bersih linux dengan Computer Janitor di Ubuntu 9.04




Ya mungkin sekedar sedikit sharing, mudah-mudahan berguna.

Bagi yang senang install-install software di Ubuntu, atau jika kita baru saja mengupdate ubuntu kita dari internet karena baru di install ulang Ubuntunya, nah disini saya ingin mengingatkan bahwa software yang kita install dari synaptic maupun dari update ubuntu yang tentunya semua itu kita download dari internet maka setelah instalasi selesai, file mentah (source) nya masih ada di hardisk kita. Terutama biasanya masih berada di "/var/cache/apt/"

Apalagi yang baru saja update ubuntunya karena habis install ulang linuxnya. tentunya download packet nya sangat banyak dan lumayan besar, download update dan software-software pendukung di linuxnya (kira-kira 200-500MB). Yah bagi yang hardisknya besar sih gak masalah :), tapi bagaimana yang memang sisa hardisknya sudah mepet untuk linuxnya :D.

Solusinya ya menghapus file-file source instalasi tadi. Menghapusnya pun tidak manual dihapus dari foldernya, namun tinggal jalankan perintah berikut :

$ sudo apt-get autoremove
$ sudo apt-get autoclean
$ sudo apt-get clean --> paling efektif

Lebih baik sih dijalan ketiga command tersebut, walapun yang paling banyak berpengaruh command yang terakhir :).

Di Ubuntu terbaru, yaitu Ubuntu 9.04 sebetulnya sudah disediakan tools GUI nya, yaitu "Computer Janitor". Nama yang sungguh lucu ya :), mentang-mentang janitor di kantor adalah profesi tukang bersih-bersih :D.



Untuk mengaksesnya ada di menu : System --> Administration --> Computer Janitor

Anda akan diminta password karena ini akan berhubungan juga dengan file-file yang ada di system, tapi tidak usah khawatir tools ini sama dengan disk cleanup nya milik Windows :).


Dony Ramansyah
site : http://dony-ramansyah.bravehost.com
blog : dony-ramansyah.blogspot.com
email : dony.ramansyah[at]gmail.com
Registered linux user : ID 400171

Tidak ada komentar: