Senin, 11 Februari 2008

Membiasakan Diri dengan Software Opensource





Mungkin memang sudah semestinya kita membiasakan diri dengan software opensource. Sebagai alternatif untuk kita agar terhindar dari pembajakan. Saya merasa ketergantungan terhadap OS Windows begitu besar sekali sehingga membuat orang enggan untuk mencoba yang lain, tentunya dengan berbagai alasan yang sebenarnya sebagian bisa dicarikan alternatifnya.

Mulai dari Instansi Pemerintahan sampai dunia pendidikan sekalipun tak lepas dari ketergantungan tersebut. Yang lebih parah kalau yang dipakai adalah software bajakan :)

Peran serta Orang IT atau Divisi IT sangat diperlukan untuk mensosialisasikan penggunaan software Opensource. Disamping bisa menekan biaya untuk membeli licensi dan biaya tersebut dapat dialihkan untuk "mendidik" user untuk menggunakan berbagai macam software opensoure seperti Linux untuk OS nya dan OpenOffice untuk Office paketnya.

Hal ini juga saya tekankan kepada adek-adek kelas saya, kebetulan saya dipercaya sharing knowledge linux kepada mereka. Setiap selesai materi pasti mereka meminta untuk meng-copy materi yang telah dibawakan. Dan sengaja saya selalu membuatnya dengan OpenOffice dan saya save juga dalam format openoffice agar tidak dapat dibuka dengan MS. Office :)

Tidak ada maksud apa-apa selain mengajak mereka ikut mulai mencoba dari software opensource tersebut. Bahkan ada dari mereka yang menanyakan kenapa tidak bisa dibuka filenya :d

Kemudian dari situ saya arahkan untuk menggunakan OpenOffice untuk membukanya. dan ada juga yang minta kepada saya untuk memberikan materi tersebut dalam format .pdf namun saya tidak penuhi permintaannya tentunya dengan alasan yang sama.

Mudah-mudahan kedepannya Software Opensource yang ada terus berkembang dan semakin baik lagi sehingga dapat menjadi solusi total dalam menghadapi pembajakan software dan ketergantunagn terhadap suatu produk.


Dony Ramansyah
site : http://dony-ramansyah.bravehost.com
blog : dony-ramansyah.blogspot.com
Registered linux user : ID 400171

Tidak ada komentar: