Senin, 10 Desember 2007

Kurikulum Si Pinguin

Mengenal Si Pinguin Sejak Dini

Jawaban pertama orang ditanya mengapa tidak menggunakan linux adalah karena linux susah untuk digunakan...,

Menurut saya itu ada benarnya karena kita dari kecil sudah dikenalkan terlebih dahulu dengan sistem operasi dari microsoft tersebut yaitu sistem oeprasi Windows. Itu pun tak dapat disalahkan juga karena linux dulunya belum semudah saat ini.

Oleh karena itu karena saat ini linux juga sudah semudah Windows harus dikenalkan juga sejak dini, memang tidak boleh dipungkiri juga untuk tidak mengajarkan OS Windows pada anak. Tetapi dengan mendampingi juga dengan mengajarkan linux sejak dini. Kalau perlu sejak masih duduk dibangku SD.

Mungkin pertama kali bisa dikenalkan lewat game-game yang tersedia di linux, program linux yang ditujuan untuk anak-anak. Dan yang terpenting harus dijelaskan juga kalau linux itu FREE...

Tidak mudah untuk mewujudkan itu semua karena dibutuhkan juga tenaga pengajar yang memang bisa menggunakan linux dengan baik. Sedangkan kita tahu para pengajar sekarang masih banyak yang belum bisa menggunakan linux.

Hal ini tetunya tidak lepas dari peran serta pemerintah untuk menyusun kurukulumnya dan peran serta para LSM dan aktivis pengguna linux untuk membantu merealisasikannya. Sebetulnya pemerintah dengan program IGOS nya sudah beritikat baik mengenalkan sistem operasi linux kepada masyarakat. Namun kurang begitu gencar kegiatan yang diadakannya.

Untuk itu saya tidak pernah berhenti mengenalkan linux kepada teman maupun generasi dibawah saya agar mereka memikili alternatif yang murah untuk belajar komputer. Dan tidak ketergantungan kepada satu sistem operasi saja.

Para aktivis linux yang tergabung di KPLI (Komunitas Pengguna Linux Indonesia) yang tersebar di berbagai daerah juga tidak henti-hentinya mengkampanyekan penggunaan dari linux tersebut.

So... Tidak ada alasan lagi untuk mulai belajar dan menggunakan linux. Bagi yang sudah pandai bisa menularkannya dengan yang lain.



(Write in Nokia E61 and edited by Openoffice 2.3 on Ubuntu)

Dony Ramansyah
site : http://dony-ramansyah.bravehost.com
blog : dony-ramansyah.blogspot.com
Registered linux user : ID 400171

Tidak ada komentar: